[ad_1]
Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017/2018. Selamat pagi adik yang pintar. Mumpung kali ini kakak punya waktu longgar, maka kakak gunakan untuk berbagi tentang Bedah Kisi-kisi US/M IPA Tahun 2017. Rencana kakak, Insyaallah akan saya beri contoh tiap indikator, sehingga adik mudah untuk belajarnya. Yang jelas setiap soal ada levelnya sendiri-sendiri. Jadi sering-sering mampir kesini ya, karena tiap hari kakak update. Kakak tidak bisa update lebih dari 5 postingan sehari takut akun kakak dibaned oleh google. dikiranya yang posting robot. Lebih lengkapnya. Silahkan perhatikan tabel di bawah ini!
A. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI
1. Ilmu Pengethuan Alam SD/MI
No. | Materi | Indikator | Alamat Unduhan |
1. | Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan | Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. | |
Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. | |||
Menentukan dasar pengelompokan hewan. | |||
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. | |||
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. | |||
2. | Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem | Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. | |
Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. | |||
Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. | |||
Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. | |||
Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). | |||
Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. | Unduh di sini | ||
3. | Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup | Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan. | |
Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. | |||
Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya. | |||
Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. | Unduh di sini | ||
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. | |||
4. | Pelestarian lingkungan | Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah. | Unduh di sini |
Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan. | Unduh di sini | ||
5. | Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya | Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. | Unduh di sini |
Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia. | Unduh di sini | ||
6. | Daur hidup beberapa hewan | Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram. | |
Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi. | |||
7. | Rangka manusia | Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar. | Unduh di sini |
Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar. | Unduh di sini | ||
8. | Sistem organ pada manusia | Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya. | Unduh di sini |
Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu . | Unduh di sini | ||
9. | Sifat benda | Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel. | Unduh di sini |
10. | Perubahan benda | Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. | Unduh di sini |
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). | Unduh di sini | ||
11. | Gaya dan gerak | Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. | |
Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda. | |||
12. | Bentuk energi dan perubahannya | Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. | Unduh di sini |
Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. | Unduh di sini | ||
Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. | Unduh di sini | ||
Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. | Unduh di sini | ||
13. | Suhu dan kalor | Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. | Unduh di sini |
Menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar | Unduh di sini | ||
Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. | Unduh di sini | ||
Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. | Unduh di sini | ||
14. | Bunyi dan cahaya | Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. | Unduh di sini |
Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). | Unduh di sini | ||
Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/ gambar. | Unduh di sini | ||
15. | Listrik dan magnet | Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. | Unduh di sini |
Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar. | Unduh di sini | ||
16. | Sumber daya alam | Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. | Unduh di sini |
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. | Unduh di sini | ||
17. | Daur air | Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar. | Unduh di sini |
Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. | Unduh di sini | ||
18. | Sistem tata surya | Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari. | Unduh di sini |
Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. | Unduh di sini | ||
Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya. | |||
Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. | |||
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah. | |||
Untuk mengunduh soal komplitnya sesuai dengan kisi-kisi di atas, klik tautan di bawah ini
Update Bedah Kisi-Kisi Terbaru Soal UN IPA SD Tahun 2017/2018
Level Kognitif
Pengetahuan dan Pemahaman yang terdiri dari Mengidentifikasi, Menunjukkan, Memberi contoh, Menyebutkan.
1. hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya, yang terdiri dari:
- Simbiosis Ringkasan Materi Soal Ujian
- Rantai Makanan: Ringkasan Materi Soal Ujian
Sekian dulu pembahasan kakak mengenai Bedah Kisi-Kisi US/M IPA SD TP. 2017/2018. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Kakak tunggu kunjungan berikutnya. Sering-sering mampir ke sini ya dik. Terima kasih.
[ad_2]
Source link
Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017/2018
Reviewed by Unknown
on
Juni 30, 2018
Rating:
Tidak ada komentar: